Rabu, 23 Desember 2015

Strategi Pengambilan Keputusan Dalam Organisasi


JAKARTA - Harga minyak dunia masih terpuruk. Pemerintah pun meresponnya dengan menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM), khususnya premium dan solar. Rencananya, penurunan harga dua bahan bakar itu bakal diumumkan hari ini langsung oleh Presiden Jokowi dan berlaku pada 1 Januari 2016. Sangat mungkin harga solar turun Rp 500 dan premium sekitar Rp 300. 
Sinyal positif itu disampaikan Dirjen Migas Kementerian ESDM Wiratmaja Puja di kantornya kemarin (22/12). 
Meski diumumkan pada hari ini, dia menyebut harga baru bahan bakar berlaku pada 1 Januari 2016. ''Insya Allah, turun segitu. Untuk pastinya, tunggu pengumuman resminya besok (hari ini, Red),'' ujarnya.
Selain itu, pemerintah mempersiapkan mekanisme penetapan batas atas dan bawah harga BBM. Jadi, meski minyak dunia lebih jatuh dari saat ini yang berada di kisaran USD 36.31 per barel versi Nasdaq, harga bbm di Indonesia akan bertahan di titik tertentu. Begitu juga saat minyak dunia kembali menguat. 
''Banyak negara yang sudah menerapkan pola itu. Bisa jadi solusi yang baik,'' terangnya. 
Dulu disebutkan, batasan itu diperlukan supaya pemerintah punya dana cadangan energi. Jadi, saat harga minyak dunia terlalu mahal, pemerintah memiliki uang untuk menyubsidi harga BBM. (dim/owi/dee/c6/kim) 

Analisis :

Dalam mengatasi masalah turunnya harga minyak bumi diindonesia yang membuat pemerintah memutar otak untuk membuat harga bbm tidak semakin terpuruk. Dengan cara menurunkan beberapa harga bahan bakar minyak (BBM) merupakan ide yang baik. Sebab  dengan melambungnya harga BBM yang tinggi ini cukup meresahkan masyarakat. Kemungkinan perubahan harga BBM ini akan berubah pada awal tahun 2016. Dengan menetap nya harga baru ini diharapkan akan bertahan di titik tertentu. Agar saat harga minyak dunia meningkat , pemerintah memiliki uang untuk mensubsidi harga BBM. Solusi menurut saya, dengan adanya penurunan ini sudah bagus, apalagi bisa mampu bertahan seterusnya. Tapi tidak melupakan persaingan akan minyak dunia yang harganya turun naik.

Sumber:
http://www.jpnn.com/read/2015/12/23/346314/Harga-BBM-Turun-Lagi-di-Tahun-Baru,-Ini-Rinciannya-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar